Selasa, 19 Maret 2013

Perahu....,
meniti air, melewati waktu
dayungku adalah asa,
yg digerakkan tangan kemauan....


Perahu ...... bersandar di dermaga kayu.
Menunggu ....

Senin, 16 Juli 2012

Daun lontar


Ini adalah lukisan daun lontar, yang ada bayang-bayang dari sinar mataharinya. Saya ambil dari kalo ga salah sampul sebuah buku, judulnya tentang lontar ("Masyarakat yang Meminum Makanannya" ?). Lukisan ini sekarang ada di saudar di Bandung. Lucunya, karena ga ngerti, lukisan ini dipasang terbalik. Mestinya posisinya yang benar begini Teh.

Ini saya lukis waktu masih ngontrak di Bantar Jati. Lukisan cat minyak di atas kanvas, ukuran mungkin sekitar 80 kali 100 cm. Bagus ga ya? Kata saya sih BAGUS bangeeeettt !!





******

Jumat, 15 Juni 2012

Janji Landreform




Janji-janji Landreform,

Ya Kami petani,
Dengarlah suara pacul-pacul kami,
Mereka rindukan tanah,
Tanah yang Tuan janjikan
...Tanah gembur, kering, .....
atau akankah tanah berapi?

(Bogor, Syahyuti. Juni 2012)






Rabu, 13 Juni 2012

membajak sawah


Membajak sawah ......
Membalik tanah, menyingkap harap
Membuka berkah, tunaikan amanah .....




******

Petani


Ini lukisan dengan format baru. Lukisan dan kalimat dalam satu space, jadinya semacam pamflet ya. Ya, memang. Selain tulisan, paper, buku, dan juga kicauan di facebook; ku fikir-fikir materi komunikasi seperti ini juga menarik. Mungkin sedikit puisi pendek akan kuat melekat pada fikiran sebagian orang.

Tentang petani!!. Ya, petani. Untuk itulah kenapa saya dibayar. Atau, setidaknya, alasan kenapa saya dibayar, menurut fikiran saya. Lebih 20 tahun menjadi peneliti. Selama itu pula bergaul dengan kolega-kolega, Saya mendapat kesa: petani tidak diperhatikan.

Bukan petani yang membuat kami rapat mendadak. Bukan pula karena nasib petani kami berdebat dan menyumbang saran. Pembangunan pertanian semakin jauh dari petani. Tidak banyak yang perduli, meskipun tiap hari seolah kita membicarakan mereka. Swasembada yang terancam lebih penting. Anjloknya total produksi adalah alasan kenapa kami rapat ber jam-jam. Namun bukan karena ada petani yang tidak berlahan, ... bukan karena mereka kelaparan.

Pembangunan selesai pada angka-angka.
Pada benda-benda.
Bukan pada MANUSIA.


*****

Senin, 11 Juni 2012

Bambu


Ini sketsa favorit saya: bambu. Ini digambar bukan dengan pesil atau kuas, tapi menggunakan software online. Ketika di upload di facebook, banyak yang kaget, "Lho .... elu bisa nggambar ya?". Yang banyak kaget kawan-kawan lama, yang tahunya saya cuma sebagian.


Gelas ini lu ya. Ini juga digambar dengan satu software online. Dengan mudah kita bisa membuat latar belakangnya. Mau diarsir juga enak, karena warnanya ga numpuk. Dan efektif.

*****