Minggu, 26 Juli 2015

Siapa sih PENYULUH SWASTA?


Penyuluh swasta tidak sekedar para tukang obat keliling. Tidak hanya para distributor obat yang keliling kampung menawarkan berbagai pestisida ke petani, lalu membuat percontohan penerapan herbisida di pinggir-pinggir jalan, dan lalu menampang pamflet gede-gede di pohon kelapa, untuk menunjukkan itu lho betapa mantab hasilnya.

Penyuluh swasta mencakup perguruan tinggi, profesional individual, juga dari NGO. Sesungguhnya PPL THL TBPP yang dulu diangkat tahun 2007 sampai 2009, memang maksudnya untuk menjadi penyuluh swadaya dan swasta. Saat mereka sudah tahu bisnis apa yang bisa dijalankan, maka mereka diharapkan berbisnis dengan petani, namun sambil membantu petani dengan teknologi-teknologi baru. Eh, tapi skenario ini gagal, mereka tetap minta jadi PNS.

Andai PERGURUAN TINGGI bisa dimobilisasi sebagai penyuluh swasta, btapa sangat besar potensinya. Apalagi  PT punya dana sangat besar, yakni 20 persen dari APBN. Selama ini mereka KKN, pendampingan, dan lain-lain namun belum terstruktur dan tidak kontinyu. Baru iseng-iseng doang.

*****